/

31 Maret 2011

Menjadi Pasien Yang Cerdas

YOU: The Smart Patient: An Insider's Handbook for Getting the Best TreatmentMenjadi pasien mesti cerdas, jangan asal minum obat dan menebus resep, tapi perlu memperhatikan beberapa hal penting yang mesti di taati.

Hal – hal yang wajib di perhatikan :

• Tanya kepada dokter utk memastikan penyebab penyakit yang diderita, dari kuman atau virus. Kalau dari virus anda boleh menolak bila di beri resep obat antibiotik, karena antibiotik adalah obat yg bersifat membunuh/menekan pertumbuhan kuman dan bukan untuk virus.


You Bet Your Life! The 10 Mistakes Every Patient Makes (How to Fix Them to• Jangan mengurangi atau melebihkan dosis yang telah di resepkan dokter

• Jangan menggunakan resep orang lain untuk kondisi sakit yang terlihat sama, hanya karena alasan waktu dan biaya.
Ini penting di ingat, karena RESPON masing – masing orang terhadap suatu obat adalah berbeda – beda, dan bisa berakibat fatal bila terjadi.

 
• Sebaiknya tidak meminum beberapa obat dalam sekali minum, karena belum tentu perpaduan zat masing – masing obat dapat di terima baik oleh tubuh.sebaiknya beri jeda beberapa detik atau menit.

Patient Power!: The Smart Patient's Guide to Health Care• Taati aturan minum obat sesuai keterangan yang di cantumkan, seperti : di minum sebelum makan , atau ada juga yang bisa di minum kapan saja.

Safe Patients, Smart Hospitals: How One Doctor's Checklist Can Help Us Change Health Care from the Inside Out• Jangan pernah malas membaca brosur/keterangan yang biasanya di selipkan pada obat
Perhatikan tanggal kadaluwarsanya, kontra indikasi , dosis ,penggolongan obat dan aturan pakainya


• Perhatikan juga untuk obat yang berbentuk sirop
Aturan 1 sendok teh setara dengan 5 ml
Aturan 1 sendok makan setara dengan 15 ml
Jadi jangan sampai disamakan, harus sesuai kadar aturannya

Jadi bukan hanya dokternya yang harus cerdas, tapi pasiennya juga mesti cerdas.
Ok, semoga lekas sembuh

Tidak ada komentar: